7 Cara Investasi Emas Batangan

7 cara investasi emas batangan ini ditujukan untuk para pemula. Bagi yang sudah expert, bisa langsung skip baca tulisan ini. Hehe.  😛

Well, Emas merupakan pilihan investasi yang saat ini digemari oleh masyarakat. Pilihan emas sebagai investasi berkaitan erat dengan harga emas yang cenderung mengikuti “harga mata uang dunia yang asli” (yang jelas bukan mata uang buatan manusia) dan tidak tergerus oleh inflasi.

Yuk kita bahas bersama ketujuh hal tersebut.

Berikut ini adalah 7 cara investasi emas batangan yang mudah dan aman:

1. Pilih Emas Batangan Produksi ANTAM

Pilih Emas batangan produksi Antam
Dari ke 7 Cara Investasi Emas Batangan, salah satunya yaitu dengan cara memilih Emas batangan produksi Antam via aktualpost.com

Jika Anda ingin berinvestasi pada emas batangan, pastikan Anda membeli emas produksi ANTAM yang legalitas dan keaslian produknya terjamin. Emas ANTAM dilengkapi sertifikat pada setiap emas batangannya. Anda bisa menjual emas ANTAM ini di lembaga keuangan penyedia jual beli emas maupun di toko emas biasa.

Selama Anda memegang sertifikat dan emas batangannya, maka Anda dapat menjualnya kapan saja di saat Anda membutuhkan dana. Apakah harus selalu menggunakan emas batangan keluaran ANTAM? Sebenarnya tidak juga. Hanya kebetulan di Indonesia, masyarakatnya lebih familiar dengan emas batangan yang dikeluarkan oleh ANTAM.

Jika Anda ingin membeli emas batangan selain yang dicetak atau diproduksi oleh ANTAM. Sebenarnya sah-sah saja. Namun saya memiliki saran, yaitu Anda dapat membeli emas batangan yang dikeluarkan oleh perusahaan lain yang telah memiliki reputasi yang baik.

Reputasi bisa dari sisi perusahaan, produk (emas dan perak) yang telah memiliki standar internasional, lulus uji laboratorium, sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dan diakui oleh London Bullion Market Association.

2. Pilih Lembaga Penyedia Layanan Jual Beli Emas yang Tepercaya

Pilih Lembaga Penyedia Layanan Jual Beli Emas yang Tepercaya
Pilih Lembaga Penyedia Layanan Jual Beli Emas yang Tepercaya via viva.co.id

Untuk membeli emas batangan, Anda bisa membelinya di lembaga penyedia layanan jual beli emas yang tepercaya. Beberapa lembaga penyedia jasa jual beli emas yaitu pegadaian, Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Syariah BRI, dan Bank Syariah BNI.

Anda dapat membeli emas batangan pada lembaga-lembaga tersebut dengan harga dasar sama dengan harga yang dikeluarkan oleh PT. ANTAM dan ditambah biaya administrasi sekitar 3%. Selain melalui perbankan plat merah, Anda juga bisa membeli Emas Antam melalui Butik Emas LM.

3. Beli Emas Saat Harga Emas Turun dan Jual Kembali Saat Harga Naik

Tips sederhana dalam investasi emas
Tips sederhana dalam investasi emas, yaitu beli pada harga emas turun, jual pada harga emas tinggi

Ini adalah aturan main yang sederhana untuk pemula, yaitu beli emas pada harga turun dan jual kembali pada harga emas tinggi. Harga emas memang jarang sekali turun, tetapi ada periode ketika harga beli emas kadang sedikit turun.

Saat harga emas sedikit turun ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk membeli emas dan memulai investasi Anda. Saat harga emas naik, Anda bisa menjualnya kembali.

Kenaikan harga emas akan lebih terasa dan signifikan setelah beberapa tahun, jadi sebaiknya Anda menunggu minimal 2 hingga 3 tahun setelah pembelian untuk menjual emas Anda kembali.

Bagaimana cara mengetahui harga emas sedang naik atau turun? Anda dapat menggunakan aplikasi android ini untuk mengetahui harga emas naik/turun. Ketika harga emas sedang naik atau turun, aplikasi tersebut akan memberikan notifikasi kepada Anda melalui smartphone.

Oh ya jangan terlalu berharap lebih ya. Misalnya Anda berharap, saya ingin membeli emas pada saat harga berada di titik Rp. 450.000,- per gram saja. Sehingga Anda kelamaan melakukan wait and see. Secara tidak sadar harga emas ternyata semakin jauh meningkat dari angka itu.

Alhasil yang ada malah kecewakan? Maka aturan main untuk pemula dalam berinvestasi emas, yang tidak kalah penting lain, yaitu: Stop Mikirin Kapan Harga Emas Akan Turun.

4. Simpan Emas dengan Aman

Simpan Emas dengan aman bisa dengan menggunakan SDB atau Brankas Pribadi
7 cara investasi Emas Batangan juga membahas tentang cara menyimpan emas yang aman

Simpan emas batangan Anda dengan aman. Anda dapat menyimpannya di safe deposit box atau brankas di rumah. Jika Anda masih merasa kurang aman, maka Anda dapat menggunakan jasa penyimpanan emas di pegadaian maupun bank.
Beberapa artikel terkait Safe Deposit Box, Brankas, dapat Anda baca pada halaman berikut ini:

  1. Tarif Harga Sewa Safe Deposit Box SDB di Bank Syariah
  2. Harga Sewa Safe Deposit Box Bank BNI
  3. Safe Deposit Box Bank vs BrankasLM Antam
  4. Video Cara Kerja Safe Deposit Box Perbankan
  5. Bongkar Safe Deposit Box Karena Kunci Hilang
  6. Resiko Pemakaian Safe Deposit Box Bank
  7. Brankas Murah untuk Di Rumah
  8. Menyimpan Emas pada Safe Deposit Box Bank Mandiri
  9. Tips Aman Menyimpan Emas di Brankas Rumah
  10. Simpan Emas Aman di BrankasLM PT Antam
  11. 5 Tips Aman Menyimpan Emas

Saat ini bisa dibilang untuk menyimpan emas jauh lebih mudah dibandingkan zaman baheula (zaman dulu). Karena sudah banyak fasilitas yang disediakan oleh pemerintah atau swasta untuk melindungi Logam Mulia yang dimiliki, baik perorangan maupun perusahaan.

Meskipun jasa yang ditawarkan itu harus disewa ya. Tapi itu sudah lebih baik kok. Mau simpan emas lebih murah dan aman?
Simpan di rumah aja. Misalnya di dalam lemari, tumpukan pakaian, loteng/bunker juga bisa kok.

Tinggal Anda kreatif saja membuat tempat penyimpanan Logam Mulia tadi di rumah. Sehingga sulit untuk dijangkau oleh orang lain.

Lebih hemat dan praktis malah. Lebih hemat karena tidak perlu membayar sewa bulanan atau tahunan, layaknya di SDB perbankan.

Dan lebih praktis karena Anda bisa mengkustomisasi tempat penyimpanan LM tersebut sesuka hati agar lebih aman. Hehe.  😆

5. Gunakan Sistem Cicilan jika Dana Anda Belum Terlalu Banyak

Program cicil emas bisa jadi solusi bila dana masih belum terkumpul semua
Program cicil emas bisa jadi solusi bila dana masih belum terkumpul semua tempo.co

Jika Anda belum memiliki dana yang cukup banyak untuk membeli emas batangan, maka Anda dapat menggunakan fasilitas cicilan emas.

Cicilan emas ini biasanya dibayar secara periodik setiap bulan atau tiga bulanan, tergantung kebijakan masing-masing penyedia layanan.

Program cicil emas salah satunya yaitu BSM Cicil Emas Cara Mudah Memiliki Emas. Dengan uang Rp. 4000,- per hari, Anda bisa memulai mencicil emas batangan.

Atau…

Anda bisa juga menggunakan sistem tabungan emas. Program yang dikeluarkan oleh Pegadaian ini sangat membumi. Bayangkan, Anda bisa menabung emas mulai dari Rp. 5.000,- saja! 

Apa si perbedaan antara cicil emas dengan nabung emas? Saya sudah membahasnya pada artikel berikut ini.

6. Beli Emas Batangan Antam Berukuran Besar untuk Harga yang Lebih Murah

Semakin besar emas batangan ANTAM kok bisa semakin murah?
Semakin besar emas batangan ANTAM kok bisa semakin murah? via Kaskus

Salah satu rahasianya, coba Anda cek harga emas di artikel berikut ini deh. Semakin besar ukuran emas batangan Antam maka semakin murah harga per gramnya.

Ssst. Ini rahasia loh! #SokSerius  😆

7. Gadai Emas Batangan Antam Lebih Mudah

Butuh cash cepat jangan buru-buru menjual emas
Butuh cash cepat jangan buru-buru menjual emas via vibiznews.com

Jika Anda butuh uang tunai cepat, saran saya jangan buru-buru menjual emas batangan. Tapi cobalah untuk menyekolahkannya dengan cara gadai.

Jual emas dalam waktu dekat (short term) bisa saja kurang menguntungkan Anda. Kecuali untuk modal usaha, saya menyarankan hal ini.

Jika Anda punya strategi lain dari ketujuh cara di atas untuk berinvestasi emas batangan yang mudah dan aman bagi pemula, Anda dapat sampaikan cara tersebut ke saya melalui kotak komentar di bagian bawah artikel ini.

Demikian sedikit tips tentang 7 cara investasi emas batangan yang mudah dan aman untuk para pemula. Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?

Jika iya, mohon bantu sebarkan melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, Path, dan LinkedIn ke teman-teman Anda. Selamat berinvestasi!

About The Author

Gabung Bersama +30.000 Pembaca Kami!

Daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari Situstarget.com.

Proses pendaftaran hampir selesai, mohon cek email Anda dan Klik tombol konfirmasi.

Pin It on Pinterest

Share This